4 Akibat Tidak Tahu Cara Cek Tagihan Listrik Online

  • Whatsapp
4-Akibat-Tidak-Tahu-Cara-Cek-Tagihan-Listrik-Online
Foto dari blibli.com

Di zaman sekarang, semua kegiatan dimudahkan dengan adanya teknologi. Anda yang sibuk dan tidak sempat datang ke kantor PLN untuk membayar listrik, tidak perlu lagi bingung dan cemas. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah membayar listrik secara online tanpa perlu antri. Selain itu, ada banyak cara cek tagihan listrik yang juga bisa dilakukan secara online. Jadi kenapa Anda masih telat membayar? Yuk, simak akibatnya di ulasan berikut ini.

Akibat Tidak Update Tagihan Listrik

Kesibukan memang terkadang membuat orang hingga lupa kewajiban lainnya, contohnya saja membayar listrik. Tidak jarang, ada beberapa pelanggan listrik yang tidak memasang pengingat di kalender ponsel mereka dan terlewat tanggal membayar tagihan. Jika sudah begini, maka tentu saja Anda mau tidak mau harus membayar denda. Nah, bagi Anda pelanggan listrik postpaid, yuk simak akibatnya jika Anda tidak update tagihan listrik, yakni :

1. Terkena Denda

Anda yang baru di bulan pertama telat membayar tentu akan mendapat sanksi yang tergolong rendah. Anda tidak akan mendapat pemutusan listrik tiba-tiba atau bahkan pencabutan instalasi. Sebaliknya, Anda hanya akan mendapat peringatan dan denda yang besarnya tergantung seberapa lama Anda menunggak. Biasanya, denda hanya diberikan selama 1 bulan penagihan dan sanksi lain jika tetap belum membayar.

2. Sanksi

Sanksi jenis lain tentu akan diberikan kepada Anda jika tunggakan dan denda di bulan pertama belum dibayarkan. Dalam waktu 30 hari, Anda harus sudah melunasinya karena jika tidak, PLN akan memberikan sanksi kepada Anda tergantung kebijakan mereka.

3. Pemutusan Aliran Listrik

Jika Anda beberapa bulan juga tidak ada itikad baik untuk membayar tagihan listrik yang sudah menunggak berbulan-bulan berikut dendanya, maka dengan terpaksa Anda akan mendapat pemutusan hubungan aliran listrik. Hal ini tentu tidak asal main cabut saja melainkan Anda akan diberikan pemberitahuan lebih dulu. Namun jika Anda tetap tidak mengindahkannya, maka jangan harap aliran listrik Anda aman di bulan berikutnya.

4. Bongkar Rampung Instalasi

Terakhir dan merupakan sanksi yang paling berat bagi Anda yang telat membayar berbulan-bulan adalah bongkar rampungnya instalasi listrik Anda. Setidaknya, setelah 60 hari pemutusan hubungan aliran listrik dan Anda tetap belum melunasi tagihan, maka tentu pihak PLN berhak untuk melakukan bongkar rampung semua instalasi listrik Anda. Hal ini termasuk alat pembayar, alat pemutus meter, hingga saluran dari tiang ke kWh.

Cara Mudah Cek Tagihan Listrik dan Membayar Online

Agar Anda tidak sampai mendapat sanksi-sanksi di atas, tentu hal yang harus Anda lakukan adalah tidak telat membayar listrik. Salah satu cara agar tidak telat membayar adalah Anda tahu kapan harus bayar dan tahu besaran tagihannya. Ada banyak cara cek tagihan listrik secara online dan ada banyak pula cara mudah membayarnya secara online. Bahkan tidak hanya harus melalui PLN Mobile saja, Anda bisa membayarnya melalui aplikasi lain.

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda pilih. Silahkan log in dan buka informasi tagihan listrik Anda di fitur yang sudah tersedia. Agar Anda tidak salah cek dan agar hasilnya akurat, maka Anda bisa memasukkan ID Pelanggan yang Anda miliki. Jika Anda lupa ID nya, maka Anda bisa mengisikan nomor meter yang ada di setiap meteran listrik Anda. Setelah Anda klik tagihan dan bayar, maka tagihan Anda lunas dan selamat Anda tidak terkena denda.

Demikian cara cek tagihan listrik dan bayar listrik via online. Semoga ulasannya bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *