4 Tips Mengajarkan Anak Menggunakan Masker

  • Whatsapp
4-Tips-Mengajarkan-Anak-Menggunakan-Masker
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Semakin mewabahnya virus corona atau Covid-19 ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia membuat para masyarakat saat ini harus menerapkan gaya hidup baru, salah satunya adalah mengenakan masker. Jika saat ini menggunakan masker kesehatan tidak memungkinkan karena stok masker kesehatan yang lebih menjadi prioritas untuk digunakan para petugas medis, sebagai masyarakat umum Anda tetap wajib memakai masker saat berada di luar rumah, yaitu dengan jenis masker kain.

Agar Anak Terbiasa Menggunakan Masker

Masker berbahan kain saat ini menjadi wajib dipakai dimanapun dan juga oleh siapapun, bahkan juga para anak-anak. Namun anak-anak tentunya belum paham mengenai bahaya virus ini sehingga membuat mereka masih sulit untuk mengenakan masker, terlebih masker bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan merasa sulit bernafas.

Namun demi kesehatan anak-anak Anda, sebaiknya Anda tetap mulai mengajarkan anak-anak untuk mulai memakai masker dengan mencoba beberapa tips berikut.

1. Memberi contoh dengan menggunakan masker

Anak-anak lebih sering meniru dan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Jadi, jika Anda ingin mengajarkan anak agar bisa mulai menggunakan masker, Anda sebagai orang tua merupakan orang yang harus memberi contoh langsung pada mereka.

Sebelum Anda meminta anak Anda memakai masker, Anda harus telah menggunakan masker tersebut terlebih dahulu, begitu pula dengan anggota keluarga lainnya yang berada di rumah. Jika anak melihat seluruh keluarga dan orang-orang di rumahnya menggunakan masker, ia bisa menjadi tertarik untuk ikut menggunakannya agar memiliki penampilan yang sama dengan orang tua dan keluarganya di rumah.

2. Memberi masker dengan motif atau karakter favorit

Salah satu kelebihan masker kain dibanding masker-masker jenis lain adalah model atau motifnya yang bervariatif dan bisa Anda pilih sesuai gaya dan selera. Agar anak Anda bisa lebih tertarik dan mau menggunakan masker, pilihlah masker yang memiliki desain motif atau gambar yang disukai oleh anak Anda.

Anda juga bisa memberinya masker dengan gambar tokoh kartun favorit mereka. Pilih juga masker dengan warna-warna yang menjadi warna kesukaan anak Anda. Dengan melihat tokoh atau karakter mereka ada di desain masker, anak-anak bisa lebih tertarik untuk mencoba memakainya.

3. Tunjukan anak-anak lain yang memakai masker

Selain meniru orang dewasa, anak-anak juga seringkali mengikuti hal-hal yang dilakukan teman-temannya atau menginginkan barang yang sama seperti yang dimiliki temannya. Jadi, cobalah untuk memperlihatkan pada anak Anda ketika ada anak-anak lain seusianya yang sudah mau memakai masker. Atau Anda juga bisa memperlihatkan pada anak Anda gambar-gambar anak-anak yang memakai masker yang bisa Anda cari di internet.

4. Memilih masker yang nyaman

Kebanyakan anak-anak tidak mau memakai masker karena mereka merasa tidak nyaman dengan masker yang menempel di mulut mereka tersebut. Maka, pastikan Anda memang memilih masker yang benar-benar nyaman untuk anak Anda. Pilihlah masker kain dengan bahan yang berkualitas dan efektif untuk menangkal virus atau bakteri namun juga tetap nyaman untuk membuat anak Anda bernafas.

Periksa juga tali atau pengait masker. Pastikan tali tersebut bisa nyaman dikenakan di telinga si anak dan tidak membuat telinga mereka terasa sakit. Pilih juga ukuran masker yang sesuai dengan usia dan wajah anak Anda. Jangan memberikannya masker ukuran dewasa yang membuatnya tidak nyaman dan tentunya tidak efektif untuk digunakan.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak Anda agar mau menggunakan masker kain di tengah wabah saat ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *